Friday, December 12, 2008

The Nickname

"my name's king kong"............
Pasti pada curious kan, napa gw mau-maunya nulis my name's king kong_namaku king kong...?
Well, that's my nickname. Tu adalah nama lapangan yang dikasih salah seorang senior gua di mapala. Tau mapala? Tu adalah organisasi kepencinta-alaman yang marak berkembang di kalangan mahasiswa dan anak muda. Pokoknya yang merasa sebagai mahasiswa dan anak muda, pasti tau mapala. Atau bahkan mungkin tau IMPAS-B? Atau malah tau ma gw, Ema??? Hehe.........sok terkenal gw ya.....narsis, tapi cara yang bagus untuk ditiru.(masudnya cara yang bagus untuk bikin orang muntah)

Back to the topic....jadi, bagi yang merasa dirinya anak PA, atau pernah berkubang di dunia hitam tersebut, pasti maklum sama itu yang namanya 'nama lapangan'. Yes..sebagaimana PA pada umumnya, gua juga dapat nickname te es be. Tapi ni yang kagak nyambungnya friend.....senior kami yang satu tu emang gila(aduh,, maafkan adikmu yang gak berbakti ini Bang Teratang...). Suatu siang, entah tanggal, bulan en tahun berapa aye udah lupa, si senior ini seperti biasa sedang 'meuluti' kawan-kawan dan junior-junior dan orang-orang disekitarnya, seperti kebiasaannya dari hari ke hari.(Sampai heran juga, mungkin meuluti orang adalah sumber kebahagiaannya. Kaleee.). Entah gimana-gimana....tiba-tiba beliau bikin pantun dadakan..begini bunyinya:

"Buah ketapi buah kedondong
Yuyun sapi Ema king kong"
Waaaaaaaah......gak betul ini senior. Masa sehabis bikin pantun yang bikin orang-orang ngakak tu beliau langsung mengukuhkan di depan para hadirin semua bahwa nama lapangan aye-Ema- adalah king kong, dan nama lapangan temen gw satunya-Yuyun- adalah Sapi.

Sampai sekarang, nama itu masih lekat dengan kita berdua . Yaa.... meskipun agak kurang ajar, para junior kami kadang-kadang masih manggil dengan nickname itu.

Ada satu kenangan dan pelajaran yang aku ambil dari nickname itu. Bahwa suatu nama, bagaimanapun buruknya atau anehnya, bagaimanapun cara mendapatkannya, itu adalah merupakan suatu hal yang mengingatkan orang-orang akan kita. Orang boleh saja lupa pada nama asli kita. Tapi kalau dengan menyebut nickname itu malah akan membuka ingatan orang pada kita, why not?
Nama yang diberikan orang tua kadang-kadang merupakan doa ortu bagi kita. Kita tentu harus mensyukurinya. Nama yang diberikan seorang kawan, sahabat, pacar, atau senior dalam suatu organisasi, mungkin adalah suatu olok-olok atas kekurangan kita(gak mungkin banget olok2 atas kelebihan kita). Tapi kalau dengan nama itu orang akan ingat.......gak ada yang bikin kita merasa malu memiliki nickname itu.

Naaah lain halnya dengan predikat. Kadang-kadang nama gelar yang diberikan ke kita tu adalah apa anggapan orang atas diri kita. Misalnya nih: si Japra. Mungkin aja nih artinya si "Raja Pikat Perawan"..........haha..ngarang banget ya? Tapi tu contoh, coy.
Nah kalo orang sudah punya nama gelar karena predikatnya sebagai si raja pikat tu tadi,,,,no comment ya. Tapi menurut gua, tu embarrasing banget.

Well guys....teserah ente-ente aja mau setuju or kagak ma pendapat gw soal nama. Ada juga khan yang nganggap nama itu nggak boleh disalah-salahin, jadi jangan diubah jadi yang aneh-aneh.Tapi apapun nama kita, seperti yang om Shakespeare bilang; What is in a name--apalah arti sebuah nama..
soooo......easy friend!
Diposkan oleh Helma@IMPAS-B di 05:04 0 komentar
Langgan: Entri (Atom)

2 comments:

  1. like u said...apalah arti sebuah nama...but, tapi sebuah nama mgkin bisa memberikan efek pengaruh di kehidupan kita..dulu dan sekarang..sebuah nama yg akan tetap hadir di sisi kenangan baik ataupun menyakitkan...
    eh..deefinisi japra tu kaya nya bukan itu saja, jd aq tambahin yaa..Japra ( jambu raja akal ) or etc...hehehehe...
    but whatever u said,,,Japra is me.

    ReplyDelete
  2. oh...jambu raja akal toh...berarti kamu jambu dan raja akal ya. akal apa sih...raja ngakalin cewe ya????

    ReplyDelete